KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kami mampu menyelesaikan proposal
usaha ini dengan baik.
Sistem dalam penyusunan proposal ini atas dasar bimbingan dan
prosedur yang sudah ada. Maka dalam penyusunannya bisa dipahami secara mudah.
Kami menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, namun
kami berusaha untuk mencapai kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran
yang membangun dari semua pihak kami harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Besar harapan kami agar proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi kami sebagai
penyusun dan penulis proposal.
Bandung, Oktober 2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Di era modern inibanyak orang yang cenderung menginginkan hidup serba
instant, nyatanya sesuatu yang
instan itu tidak baik dan berdampak
negatif bagi kesehatan manusia, sehingga akan memunculkan penyakit-
penyakit baru yang tidak ada pada kehidupan dahulu. Masyarakat mempunyai pola
konsumsi makanan yang tidak memperhatikan aspek kesehatan Karena mereka hanya menginginkan kemudahan atau kepraktisan padahal didalam makanan
yang instant tersebut terdapat bahan-bahan kimia yang sangat merugikan bagi
kesehatan dan suatu saat nanti akan menimbulkan bermacam-macam penyakit yang di
derita seperti masyarakat modern ini. Pola hidup instant tersebut banyak
diterapkan oleh orang- orang yang mempunyai tingkat kesibukan tinggi karena mereka
tidak memikirkan akan dampak negatif
dari makanan tersebut dan hanya menginginkan
yang praktis dan mudah dalam mengkonsumsi makanan.
Namun dengan seiringnya waktu
masyarakat menyadari akan pentingnya kesehatan. Mereka menyadari bahwa sehat
itu mahal sehingga mereka ingin kembali hidup sehat. Karena semakin
meningkatnya keinginan masyarakat untuk kembali hidup sehat maka sekarang
muncul beberapa makanan yang difermentasi
dan baik bagi kesehatan salah satunya yoghurt.
Yoghurt adalah minuman sehat yang terbuat dari fermentasi susu
sapi. Istilah yoghurt berasal dari bahasa Turki, yang berarti susu asam.
Yoghurt diartikan sebagai bahan makanan yang berasal dari susu sapi dengan
bentuk menyerupai bubur atau es krim yang rasanya asam (Shurtleff dan Aoyagi,
2007) . Yoghurt ini tidak hanya enak dimakan tetapi juga baik bagi kesehatan
serta rendah lemak serta masih banyak manfaat lainnya. Sehingga banyak
masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt meskipun yoghurt saat ini masih kurang dikenal oleh masyarakat luas.
Dengan dasar pemikiran itulah
usaha Yoghurt ini dibuat. Usaha yoghurt
ini dipilih karena tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak dan semakin hari
banyak masyarakat yang mencari produk ini. Pengetahuan akan pembuatan dan
manfaat yoghurt bagi kesehatan oleh penulis ini sangat mendukung
proses proses dan operasi usaha ini.
B.
RuangLingkup Usaha
Proposal
usaha merupakan bentuk pengajuan
atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun
rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya
izin, persetujuan, dana dan lain-lain. Terdapat dua aspek penting yang
mendasari dibuatnya proposal usaha yogurt ini, diantaranya :
1.
Aspek edukasi
Proposal ini dibuat agar calon pelaku usaha dapat memulai
usaha dengan baik sesuai dengan pengetahuan yang telah didapatkan.
2.
Aspek bisnis
a)
Membuka lapangan pekerjaan baru.
b)
Mencari keuntungan atau laba.
c)
Menarik minat konsumen untuk merasakan minuman sehat.
d)
Mencapai target penjualan
e)
Berguna merencenakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam
bidang produksi sekaligus penjualan minuman segar yang segar, sehat dan
bergizi.
C.
Visi dan Misi
Visi :
menjadikan minuman yogurt sebagai minuman yang dapat menguasai pasar minuman
sehat bagi masyarakat.
Misi :
memberikan pelayanan terbaik dengan menjual minuman yogurt yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet.
D.
Analisis SWOT
1.
Strength (kekuatan)
Minuman yogurt ini dibuat lezat berbeda dengan es yogurt
lainnya, selain itu juga dibuat dengan bahan-bahan yang sehat tanpa menggunakan
pengawet dan pemanis buatan.
2. Weakness (kelemahan)
Minuman yogurt ini hanya bertahan satu buklan, karena di
produksi tanpa menggunakan pengawet.
3. Opportunity (peluang)
Minuman yogurt ini sangat berpeluang masuk dihati
konsumen, karena cita rasa yang menggoda, dan kesehatan minuman yang tidak ada
bandingannya.
4. Threatment (ancaman)
Minuman yogurt ini dikonsumsi dalam keadaan dingin, jadi
cuaca adalah ancaman bagi kami, karena saat hujan konsumen lebih memilih
minuman hangat.
E.
Proses Pemasaran
Pemasaran minuman yogurt ini melalui beberapa cara,
diantaranya :
1. Penjualan secara langsung kepada konsumen.
2. Melalui media sosial, seperti Line, Blackberry
Messenger, whatsapp.
3. Melalui event-event tertentu, seperti pameran
dan pasar minggu.
BAB II
TINJAUAN UMUM
A.
Nama Perusahaan dan Profil Pemilik
Nama perusahaan kami dalam usaha ini adalah,
“MAGIC YOGHURT” alasan kami menggunakan nama ini karena kelompok usaha yang
kami buat bernama Magic Seven,
dan kami mengambil nama magic agar yogurt yang kami jual memiliki berbagai
macam keajaiban untuk kesehatan konsumen.
Magic yoghurt merupakan perusahaan dengan
Sumber Daya Manusia yang baik. Pemiliki maupun tim dalam perusahaan ini adalah
orang-orang yang telah memiliki pengalaman dalam beriwirausaha. Hal ini menjadi
sebuah keuntungan dan kekuatan dalam perusahaan kami. Selain itu tim dalam
perusahaan ini memiliki pengalaman organisasi yang baik, yang membuat relasi
bisnis menjadi lebih luas. Selain itu kemampuan personal dalam memimpin,
manajerial, marketing, serta kreatifitas merupakan kemampuan dasar yang telah
dimiliki oleh anggota dari perusahaan ini.
B.
Profil Produk
Nama produk kami adalah “YOMA” yang terdiri dari 2 jenis
kemasan. Kemasan botol 200 ml dan kemasan stik. Masing-masing kemasan memiliki
5 varian rasa yaitu plain, strawberi, anggur, jeruk, dan melon.
C.
Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih adalah kampus Sekolah Tinggi
Farmasi Bandung, dan event-event seperti di Metro Indah Mall.
D.
Target Pasar
Seluruh mahasiswa dan civitas akademika Sekolah Tinggi
Farmasi Bandung, serta pengunjung event Metro Indah Mall.
E.
Potensi Pasar
Potensi pasar YOMA ini adalah mahasiswa STFB.
Hal ini berdasarkan pengamatan kami bahwa setiap hari di kampus STFB ada 10
kelas yang melaksanakan praktikum. Setiap mahasiswa yang selesai melaksanakan praktikum baiasanya
akan merasa capek dan haus karena waktu praktikum yang cukup lama dan banyak
prosedur yang harus dilakukan dalam praktikum tersebut. Dengan keadaan tersebut,
maka YOMA hadir untuk membuat segar kembali mahasiswa yang selesai praktikum.
Selain itu YOMA yang segar juga mampu membuat rasa ngantuk hilang ketika
selesai perkuliahan di kelas. Kedua hal tersebut merupakan potensi pasar yang
kami miliki. Dengan peningkatan produksi dan strategi penjualan yang baik untuk
memenuhi kebutuhan mahasiswa, maka penjualan pun akan meningkat.
Selain mahasiswa STFB, YOMA ini akan kami
kenalkan kepada masyarakat luas melalui event-event yang ada di Metro Indah
Mall. Dengan meluasnya informasi tentang produk kami di masyarakat, maka ruang
lingkup penjualan pun akan semakin luas.
F.
Pemimpin
usaha
(Dionisius
Kris)
|
Bendahara
(Tiara
Anggia)
|
Tim riset
(Meriena Vaga)
|
Tim kreatif
(Anisha
Noviani)
|
Tim pemasaran
(Khilda Taba)
|
Tim pemasaran
(Fia Ardia)
|
Tim pemasaran
(Sumayyah)
|
Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan memiliki 5 tim
yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawabnya, 1 bendahara dan
semuanya dipimpin oleh 1 orang pemimpin. Adapun perincian tugas-tugas tim,
diantaranya :
1.
Pemimpin,
bertugas mengatur,
mengawasi dan mememriksa tugas-tugas tiap tim
2.
Bendahara, bertugas menyimpan, mencatat, dan melaporkan semua hasil
penjualan kepada pemimpin.
3.
Tim kreatif, bertugas untuk mengembangkan usaha minuman yogurt.
4.
Tim riset, bertugas untuk mempelajari trend dari minuman-minuman sehat
lainnya, karakteristik dan permintaan konsumen.
5.
Tim pemasaran, bertuga untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran.
G.
Bentuk Badan Usaha
Bentuk badan usaha yang kami dirikan adalah bentuk usaha
kelompok.
H.
AspekProduksi
1. NamaProduk
Nama produk yang
kami jual adalah magic
yogurt.
2. Bahan dan peralatan
No
|
Bahan
Baku
|
1
|
Susu Murni
|
2
|
Yogurt plain
|
3
|
Gula
|
4
|
Perisa
makanan
|
5
|
Botol
|
6
|
labeling
|
7
|
plastik
|
I.
AspekPemasaran
1.
Tujuan pemasaran
Adalah untuk mengenalkan produk
minuman sehat kepada masyarakat, sehingga masyarakat tertarik dengan produk
yang kami pasarkan, dan nilai beli konsumen bisa tinggi, serta bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan minuman sehat.
2.
Konsep pemasaran
a)
Produk
produk yang kami pasarkan adalah jenis minuman sehat,
yang memiliki keunggulan dibandingkan minuman yogurt lainnya.
b)
Tempat
Tempat yang akan kami jadikan lokasi pemasaran adalah
kampus Sekolah Tinggi Farmasi Bandung, lokasi sekitar kampus, pasar minggu
metro, dan event-event seperti di Metro Indah Mall.
c)
Harga
Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, disesuaikan
dengan kualitas minuman yang kami pasarkan.
d)
Promosi
Promosi yang kami lakukan adalah dengan membuat brosur
melalui jejaring sosial seperti Line,
blackberry Messenger, Whatsapp, sehingga bukan hanya orang terdekat kami
saja yang mengetahuinya.
e) Distribusi
Distribusi produk kami adalah melalui penjualan secara
langsung kepada masyarakat, agar masyarakat lebih cepat mengetahui produk kami.
J.
Aspek Financial
1.
Rencana anggaran biaya untuk
kemasan botol
NO
|
Bahan
Baku
|
Jumlah
|
Harga
(Rp)
|
J.H
(Rp)
|
1
|
Susu Murni
|
6 liter
|
14.000
|
84.000
|
2
|
Yogurt plain
|
1 liter
|
9.000
|
9.000
|
3
|
Gula
|
0,25 kg
|
4.000
|
4.000
|
4
|
Perisa makanan
|
5 rasa
|
2.500
|
12.500
|
5
|
Labeling
|
1 lembar
|
10.000
|
10.000
|
Total 1
|
119.500
|
|||
6
|
Botol
|
16 botol
|
600
|
9.600
|
7
|
Plastik
|
100 pcs
|
25
|
2.500
|
Total keseluruhan produksi
|
131.600
|
2.
Harga jual kemasan
stick
-
Modal untuk stick (dalam 2 hari)
= Rp 119.500,- : 2
= Rp 59.750,-
= Rp 59.750,- + Rp 2.500,- = Rp 62.250,-
Harga persatu pcs :
= Rp 715,- / stick ~ Rp 750,-/stick
-
Modal untuk stick (dalam 1 tahun)
= Rp 62.250,- x 11 x 22
= Rp 8.217.000,-
-
Harga Jual = Rp 1.500,- /
stik
-
Penjualan dalam 1 hari = 43 stik
x Rp 1.500,-
= Rp 64.500,-
-
Penjualan dalam 1 tahun = Rp
64.500,- x 22 x 12
= Rp 17.028.000,-
3.
Harga jual kemasan botol
-
Modal untuk botol (dalam 2 hari)
= Rp
119.500,- : 2 = Rp 59.750,-
= Rp 59.750,- + Rp 9.600,- = Rp 69.350,-
Harga persatu pcs :
= Rp 4.334,- / botol
~ Rp 4.500,-/botol
-
Modal untuk botol (dalam 1
tahun)
= Rp 69.350,- x 11 x 12
= Rp 9.154.200,-
-
Harga Jual = Rp. 7.000,-
-
Penjualan
dalam 1 hari = 8 botol x Rp 7.000,-
=
Rp 56.000,-
-
Penjualan dalam 1 tahun = Rp
56.000,- x 22 x 12
= Rp 14.784.000,-
4. Total Pendapatan
-
Pendapatan dalam 1 hari =
Rp. 64.500,- + Rp 56.000,-
= Rp 120.500,-
-
Pendapatan dalam 1 tahun =
Rp 120.500 x 22 x 12
= Rp 31.812.000,-
5. Total Keuntungan Per Tahun
= Total pendapatan – Total Modal
= Rp 31.812.000 – Rp 17.371.200
= Rp 14.440.800,-
6.
Keuntungan Investor
Jika Investor menanamkan modalnya sebesar Rp
17.371.200,- (100% modal) dalam 1 tahun, maka investor akan mendapatkan 65%
dari total pendapatan yaitu Rp 20.677.800,-
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan
bahwa dalam memilih suatu usaha perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai macam
hal yang berhubungan dengan usaha yang didirikan. Seperti mengetahui peluang
usaha, lokasi yang strategis, pemasaran produk dan aspek-aspek lain yang
berkenaan dengan pendirian usaha, sehingga usaha yang akan dijalankan dapat
berjalan dengan baik.Usaha yogurt MS ini merupakan suatu skala kecil yang dapat
membantu menciptakan lapangan usaha baru, sehingga mengurangi pengangguran.
Usaha ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, namun memerlukan perencanaan
yang matang.
B.
Saran
1. Dalam mendirikan usaha sebaiknnya dipersiapkan
segala sesuatunya dengan matang dan tepat sehingga usaha yang dijalankan dapat
berjalan dengan baik.
2. Dalam berwirausaha diperlukan keyakinan,
percaya diri, dan keuletan.
3. Seorang wirausaha harus selalu kreatif dan
inofatif serta selalu mengikuti trend dan
selera konsumen agar pelanggan tidak mudah bosan.
4. Tidak mudah menyerah menghadapi berbagai
hambatan dan masalah
No comments:
Post a Comment